Program

EKSKUL YANG DI PROGRAMKAN SMA MAARIF NU PANDAAN

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

No

Ekskul

Pembimbing

Jadwal

Deskripsi

1. Palang Merah Remaja Akhmad Suzariyat Basori Kamis

Bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan keterampilan tentang penanganan kecelakaan di mana pun berada saat ditemui. Pengetahuan tentang perawatan luka atau perawatan orang sakit di rumah secara mandiri dengan baik dan benar hal ini bagian dari perawatan keluarga. Mengenalkan pertolongan dan tindakan penyelamatan pada kondisi bencana alam misalkan banjir gempa bumi tanah longsor kebakaran dan lain lain.

2. Tari Smarifda Su’udiyah Nur Apriliani Rabu dan Jumat

Wadah untuk siswa yang ingin mengasah kemampuan dan ketrampilan diri dibidang olah tubuh. Banyak yang perlu diperhatikan dan di asah lebih dalam dalam bidang seni tari, bukan hanya olah tubuh tapi dituntut juga untuk mengolah rasa (hubungannya dengan perasaan). Karena dalam tari mencakup wirga wirama dan wirasa.

Pada ekstra tari ini mempelajari beberapa jenis tari diantaranya tari tradisi, modern dan islami. Sehingga memberikan pengalaman yang beragam pada siswa.

3 Al Banjari Muhammad Fahrizal Rizki Rabu dan Sabtu

Kegiatan ekstrakulikuler dibidang seni keagamaan. Minat siswa sangat banyak dan selalu mengikuti kegiatan ekstra dengan baik. Ekstrakuliluler ini cukup banyak peminatnya baik putra maupun putri. Biasanya Putra bagian penabuh dan putri saya arahkan ke vokal. Adapun kegiatan albanjari ini telah mengikuti beberapa event di tingkat kabupaten dan beberapa kali kolaborasi dengan group anggota lain untuk kegiatan pembelajaran dan sesekali mengisi acara undangan pernikahan. Semoga ekstrakulikuler ini terus bertambah prestasinya dan selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik aamiin.

4 Bola Volley Hariyanto.S.Pd Selasa & Rabu

Ektra kurikuler Bola volley di laksanakan 2 dalam seminggu hari selasa untuk team cewek dan di hari sabtu untuk team cowok  dan di lakukan secara kontinue dengan tujuan supaya meraih yang di targetkan sebagai parameter pemain dan menjadikan pemain lebih menguasai dalam permainan Bola volley di kalangan pelajar .

5. Paduan Suara Sita Budhaya/Fajar Anugrah Selasa

Ekstra paduan suara memberikan pembinaan kepada para siswa tentang tehnik vokal yang meliputi:

– tehnik pernafasan (pernafasan dada, perut, diafragma)

-.cara membuka rongga mulut dalam pengucapan huruf a i u e o

-.cara membidik nada dengan tepat

-.belajar menyanyikan nada rendah sampai nada tinggi

– Belajar membaca notasi

– Belajar mengekspresikan lagu dengan baik

– Belajar koreografi yang sesuai dengan lagu yang dipelajari

– Melatih kepercayaan diri anggota paduan suara. Setela semua anggota paduan suara telah menguasai materi diharapkan akan terbentuk tim paduan suara yang bagu sehingga bisa bersaing dengan tim paduan suara dari sekolah lain.

6. Public Speaking Irfani Zukhrufillah, S.Sos., M.I.Kom Kamis

Ekstrakurikuler public speaking merupakan ekskul yang megajarkan tentang tata cara berbicara di muka umum dengan baik dan tepat.

Kelas akan diisi dengan pendalaman ilmu untuk menjadi MC, presentator, reporter, hingga penyiar.

Dasar ilmu yang akan dipelajari mencakup pemahaman suara diafragma hingga belajar menghasilkan suara diafragma. Juga akan belajar tentang intonasi, aksentuasi, artikulasi, dan tempo.

Siswa juga belajar membuat naskah untuk keperluan berbicara sesuai kebutuhan.

7. Jurnalistik Nurul Fauziah Asal, S Pd.  

Jurnalistik adalah ekstrakurikuler yang menjadi wadah dan sarana siswa dalam mengasah ilmu kewartawanan atau persuratkabaran. Siswa diberi wawasan umum jurnalistik serta dilatih mencari, mengolah, menyunting, hingga memublikasikan tulisannya, baik berupa berita, artikel, maupun karya sastra.

8. Tilawah Quran Nurul Fauziah Asal, S.Pd. Kamis

Ekstrakurikuler ini bertujuan mewadahi siswa yang ingin belajar atay mengasah keterampilan bertilawah atau qiroah siswa. Siswa akan diajari beberapa maqra dengan neberapa jenis lagu.

9. Tahfidzul Al Qur’an M.  Zainul Arif Sabtu

Tahfifzul Al Qur’an merupakan ekstrakurikuler yang sangat sesuai dengan visi dan misi sekolah “unggul dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa”.

Ekstrakurikuler ini sebagai wadah bagi siswa yang dibeti Allah kelebihan dalam menghafal Al Qur’an dan wadah untuk menggali potensi yang dimiliki siswa. SMA Maarif NU pandaan memberikan beasiswa bagi siswa yang hafal Al Qur’an berdasarkan kemampuannya, siswa yang mampu menghafal 10 juz akan diberi beasiswa gratis spp selama dua bulan, siswa mampu menghafal 20 juz akan diberi  beasiswa gratis spp selama 4 bulan,  dan siswa mampu menghafal 30 juz akan diberi gratis spp selama 6 bulan.  Alhamdulillah tahun ini ada delapan belas siswa yang bergabung dan mengasah kemampuannya di ekstra kurikuler Tahfidzul Al Qur’an, semoga terus meningkat dari tahun ke tahun,  Amiin……

10. Paskibra Moch. Adin Bassori Sabtu

 

11. Seni Musik Bunga Widiya Larashati, S.Pd 4 kali/Minggu

sebagai wadah pengembangan bakat yang harus dibimbing dan diarahkan sehingga nantinya anak didik mendapat pengetahuan dan skill yang  memadai terutama dibidang permainan alat musik.

12. Kir Quantum Eni Susanti, S.Pd / Aprilyati Susanti, S.Pd Selasa & Kamis

Kir (Kelompok Ilmiah Remaja) Quantum adalah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi. Dimana melalui ekstrakurikuler ini akan dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah yang sesuai dengan ketentuan. Selain itu pada ekstrakurikuler ini dilakukan beberapa penelitian dan kunjungan ke tempat yang ilmiah. Siswa dilatih untuk meningkatkan sikap kreatif, inovatif, dan berjiwa ilmiah.