OUTCLASS STUDY (PROGRAM IPS)

“Mengenal dan Mempelajari Kondisi Geografis, Sosial, Budaya dan Ekonomi Masyarakat Trowulan di Kabupaten Mojokerto”

Pada Kamis, 23 January 2020 seluruh siswa SMA MAARIF NU PANDAAN kelas X IPS melakukan kegiatan oneday discovery yang merupakan salah satu bentuk implementasi SMA MAARIF NU PANDAAN terkait dengan instruksi dari Menteri Pendidikan. Kegiatan ini dilakukan di dua tempat yakni Rolax 9 yang berada dibawah naungan Perum Jasa Tirta I dan Meseum Trowulan dibawah naungan Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto.

             

Gambar 01: Rolax 9                                                  Gambar 02 : Meseum Trowulan

Acara ini bertujuan agar siswa bisa belajar secara langsung serta berintergksi dengan masyarakat sehingga kegiatan belajar lebih menarik. Di kawasan Rolax 9 siswa kelas X IPS belajar mengenai pemanfaatan Rolax 9 dari segi geografi, social dan ekonomi. Kegiatan ini mengajak siswa berinteraksi langsung dengan masyarakat yang merasakan secara langsung dampak dan manfaat dari adanya kawasan Rolax 9. Siswa diharapkan mampu menangkap fenomena social, ekonomi serta tata letak kawasan Rolax. Kegiatan ini merupakan salah satu tujuan dari penerapan oneday discovery yakni siswa mendapatkan informasi langsung dari sumber belajar yaitu masyarakat serta pengelola kawasan rolax 9.

Kawasan Rolax 9 merupakan kawasan yang cukup menarik untuk dikunjungi karena kawasan ini menyajikan data social dan ekonomi yang sangat banyak karena disekitarnya banyak digunakan oleh masyarakat sekitar untuk membuka warung baik warung kopi maupun warung nasi. Dari segi geografi kawasan berfungsi sebagai kawasan untuk mengatur debit air sungai Brantas yang digunakan untuk kegitan pengairan persawahan dan juga untuk suplai PDAM.

Tempat kedua yang menjadi destinasi oneday discovery oleh siswa SMA MAARIF NU PANDAAN adalah Museum Trowulan. Meseum Trowulan merupakan salah satu tempat tujuan belajar sejarah yang sangat menarik karena didalamnya terdapat banyak benda-benda peninggalan kerajaan Majapahit. Benda peninggalan kerajaan Majapahit inilah yang menjadi kajian dan objek penelitian siswa kelas X IPS SMA MAARIF NU PANDAAN.

Museum Trowulan menjadi tempat bagi siswa untuk bisa melihat, mengamati dan mempelajari warisan peninggalan yang kebanyakan berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan KahuripanKediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dan kepekaan siswa akan kondisi lingkungan sekitar yang juga kaya akan informasi yang juga bisa dijadikan sebagai bahan belajar. Dengan kegiatan ini siswa diharapkan mampu menghasilkan karya berupa laporan kegiatan serta video pembelajaran yang nantinya bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi agenda rutin SMA MAARIF NU PANDAAN agar proses belajar mengajar lebih menarik serta memberikan suatu pengalaman yang baru bagi siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *